Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

7 Sungai Terbaik untuk Arung Jeram

wisata pulau bali
Wisata Pulau Bali
Desember 25, 2017
tips menyelam di bali untuk pemula
Tips Menyelam di Bali
Januari 8, 2018

7 Sungai Terbaik untuk Arung Jeram

7 sungai terbaik untuk arung jeram di indonesia

Sungai di Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati panorama ala di sekitar sungai adalah dengan melakukan kegiatan arung jeram. Meskipun terdengar ekstrem, nyatanya banyak masyarakat yang tertarik dengan kegiatan alam ini.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui dimana saja sungai terbaik yang bisa dijadikan sebagai tempat rafting. Untuk menambah referensi Anda yang berminat untuk melakukan rafting, berikut ini akan kami ulas terkait dengan  7 sungai terbaik untuk arung jeram  yang ada di Indonesia.

7 sungai terbaik untuk arung jeram di indonesia

Ada banyak sungai yang ada di Indonesia. dan masing-masing sungai menawarkan keindahan dan keunikannya masing-masing. Ada sungai yang memiliki jeram ekstrem, pemandangan sekitar yang asri, sungai di dalam hutan dan lain sebagainya.

Namun untuk kegiatan rafting, tidak semua sungai bisa dimanfaatkan. Karena dalam kegiatan arung jeram, ada banyak faktor keamanan dan kenyamanan masyarakat yang harus diutamakan. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki sungai agar bisa dijadikan sebagai tempat rafting. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Pemandangan alam dan pinggir sungai masih asri dan alami
  • Akses menuju pinggir sungai yang tidak sulit dilewati
  • Arus sungai tidak boleh lebih dari grade 4
  • Batu besar yang ada di dalam sungai tidak menutupi semua wilayah sungai karena akan sulit dilalui oleh perahu.

Baca Disini: “Paket Tour Bali

Daftar 7 Sungai Terbaik Untuk Arung Jeram di Indonesia

Bagi Anda yang penasaran dengan sungai apa saja yang cocok dijadikan sebagai tempat rafting, berikut ini adalah list  7 sungai terbaik untuk arung jeram  terbaik di Indonesia.

1. Sungai Citarik Jawa Barat

arung jeram di sungai citarik jawa barat

Sungai Citarik terletak di Taman Nasional Gunung Halimun yang secara administratif ada di kecamatan Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Banyak wisatawan khususnya pecinta rafting yang datang ke Sungai Citarik Sukabumi karena debit airnya yang stabil sehingga tidak begitu dipengaruhi oleh cuaca. Dengan begitu, sungai ini bisa dijadikan sebagai tempat rafting kapanpun sepanjang tahun.

Sekedar informasi, ingkat kesulitan jeram Sungai Citarik ini ada di level III sampai dengan IV. Sehingga sangat cocok untuk Anda para pemula yang baru pertama kali melakukan kegiatan arung jeram. Tak hanya bisa dijadikan tempat pemula berlatih rafting, sungai ini juga menyajikan pemandangan alam yang unik dan berbeda dengan kawasan sungai lainnya, yakni pemandangan air terjun yang menawan.

Baca Disini: “Paket Honeymoon Bali

2. Sungai Elo Magelang Jawa Tengah

rafting sungai elo magelang jawa tengah

Di Jawa Tengah, sungai yang sangat direkomendasikan adalah sungai Elo. Sungai yang berlokasi di  desa Pare, Blondo, Mungkid, Megelang, Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Anda yang memang menyukai olahraga rafting.

Sungai Elo memiliki Tingkat kesulitan pada level II sampai dengan III. Kegiatan arung jeram di sungai ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dengan jarak sekitar 12 kilometer. Sungai ini sangat menarik karena berdekatan dengan berbagai tempat wisata populer di Jawa Tengah. Beberapa diantaranya adalah:

  • Candi Borobudur yang hanya berjarak sekitar 4,5 kilometer dari kegiatan arung jeram sungai Elo.
  • Candi Mendut yang berjarak hanya 1 kilometer dari objek wisata sungai Elo.

Baca Disini: “Water Sport Bali

3. Sungai Alas Aceh

rafting di sungai alas aceh

Seperti yang diketahui, Sungai Alas adalah sungai paling panjang yang ada di provinsi Aceh. Ada banyak pecinta rafting yang datang ke sungai ini karena memiliki debit air yang deras dan belokan yang cukup tajam. Untuk bisa mengarungi sungai Alas ini, Anda harus memiliki nyali yang besar dan stamina yang kuat.

Selain itu, kerjasama tim juga sangat dibutuhkan agar Anda bisa berhasil menyusuri Sungai Alas Aceh ini. Selain karena arusnya yang menantang, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan di pinggiran sungai yang sangat memukau dan alami yakni Taman Nasional Gunung Leuser. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan rusa, monyet dan gajay di pinggiran sungai yang sedang minum.

Baca Disini: “Sewa Mobil di Bali

4. Sungai Ayung Ubud Bali

rafting di sungai ayung ubud

Objek wisata rafting di sungai Ayung Ubud Bali adalah salah satu sungai recomended dari  7 sungai terbaik untuk arung jeram yang ada di Indonesia. Di sungai ini, pengunjung akan disuguhkan arus jeram yang aman dan cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Sungai ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Dimana terdapat ukiran atau pahatan pada tebing pinggiran sungai yang terlihat sangat indah. Pahatan tersebut dibuat oleh para seniman Ubud dengan tujuan untuk menarik perhatian para wisatawan.

Baca Disini: “Rafting di Bali

5. Sungai Telaga Waja Karangasem Bali

rafting telaga waja karangasem bali

Selain Sungai Ubud, sungai pterkenal di Bali yang sering dijadikan sebagai tempat kegiatan arung jeram adalah sungai Telaga Waja Karangasem. Pasalnya, sungai ini menyediakan trek susuran sungai terpanjang di Bali. Untuk bisa menyusuri sungai Telaga Waja ini, para wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam.

Menariknya meskipun kemarau, sungai ini tetap mengalirkan arus sungai yang lumayan deras. Sungai ini memiliki tingkat level II sampai dengan IV sehingga cocok untuk para pemula hingga profesional. Tak hanya itu, sungai ini juga menyediakan turunan yang cukup tinggi yakni 5 meter. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena ketinggian tersebut masih aman untuk dilalui perahu.

Karena kelebihan dan keunikan dari sungai Telaga Waja Karangasem inilah mengapa sungai ini kami masukkan dalam list 7 sungai terbaik untuk arung jeram di Indonesia.

Baca Disini: “Sewa Bus di Bali

6. Sungai Nimanga Sulawesi Utara

arung jeram sungai sulawesi utara

Manado Sulawesi semakin dilirik para wisatawan baik lokal maupun luar negeri karena pemandangan alamnya yang sangat memukau. Salah satunya adalah objek wisata rafting di sungai Nimanga. Sungai ini berlokasi kurang lebih 30 menit dari kota Menado sehingga sangat mudah diakses. Untuk menyusuri sungai ini, para wisatawan membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Baca Disini: “Sewa Mobil Matic di Bali

7. Sungai Melangit Klungkung Bali

bakas levi rafting sungai melangit klungkung

Satu lagi sungai yang paling direkomendasikan di Bali untuk Anda yang suka rafting yakni Sungai Melangit. Sungai ini berlokasi di wilayahi kabupaten Klungkung, Bali. Keunikan dari sungai ini adalah karena area sungainya yang sempit. Di pinggiran sungai, Anda bisa melihat pepohonan lebat yang menjulang tinggi. Dengan area lebar yang sempit, tentu saja sungai ini memiliki kecepatan arus yang cukup tinggi Di Sungai Klungkung, satu-satunya operator arung jeram yang tersedia adalah Bakas Levi Rafting.