Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
wisata alam bali
Wisata Alam Bali
Desember 25, 2017
nusa penida bali
Nusa Penida
Desember 25, 2017

Aktivitas Wisata Alam di Bali

aktivitas wisata alam di bali

Pulau Bali memiliki pesona keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya wisatawan domestik yang tertarik mengunjungi pulau ini. Bahkan, wisatawan asing juga tertarik menghabiskan waktu di pulau ini. Hal ini menjadi bukti seberapa besar pesona Bali di mata masyarakat dunia apa aktivitas wisata alam di Bali yang paling favorit? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

aktivitas wisata alam di bali

Ragam Aktivitas Wisata Alam di Bali yang Paling Favorit

Untuk Anda yang tertarik menghabiskan liburan dengan wisata alam di Bali, kami menggolongkannya menjadi tiga tipe wisatawan. Sebelum melihat apa saja wisata alam yang terbaik di pulau ini, simak dahulu tiga tipe wisatawan berikut ini.

  1. Wisatawan yang mempunyai pendidikan tinggi
  2. Wisatawan dengan rentang usia 25 – 55 tahun
  3. Wisatawan yang lebih suka aktivitas luar ruangan.

Selain tiga tipe wisatawan di atas, wisatawan juga bisa dibedakan berdasarkan cara mereka menghabiskan waktu liburan mereka. Rata-rata, para wisatawan di Bali menghabiskan liburan dengan cara seperti berikut.

  • Berjalan kaki menyusuri daerah perdesaan yang mempunyai lokasi persawahan, bukit, dan sungai yang masih alami.
  • Bersepeda menikmati keindahan alam sekitar, baik pantai, bukit, gunung, maupun sungai.
  • Bersantai sambil menikmati keindahan alam.
  • Melakukan olahraga arung jeram di sungai Bali.
  • Menikmati permainan olahraga air seperti yang ada di Marine Walk Tanjung Benoa.

Baca Disini: “Paket Tour Bali

Lima Jenis Aktivitas Wisata Alam di Bali

1. Trekking

Trekking merupakan aktivitas wisata alam dengan berjalan kaki menelusuri kawasan yang masih alami. Aktivitas wisata alam di Bali yang bisa dijadikan lokasi trekking, di antaranya, adalah Bukit Campuhan Ubud, kawasan persawahan Jatiluwih Tabanan, dan hutan alami Sambangan Buleleng.

Baca Disini: “Paket Honeymoon Bali

2. Bersepeda

wisata sepeda di bali

Bersepeda menjadi aktivitas wisata alam di Bali yang paling digemari oleh wisatawan, khususnya wisatawan asing. Oleh karena itu, banyak wisata alam di Bali yang menawarkan paket wisata bersepeda. Paket wisata ini lebih sering disebut dengan Bali Bike Tours. Anda bisa bersepeda santau di daerah sepanjang pantai atau bisa juga di daerah lain yang memiliki medan yang lebih ekstrim.

Baca Disini: “Sewa Bus di Bali

3. Rafting

Selain berjalan kaki atau bersepeda, banyak wisatawan yang juga sangat menyukai aktivitas rafting. Rafting sendiri adalah kegiatan menelusuri sungai dengan menggunakan perahu karet, aktivitas ini sangat menantang adrenalin. Aktivitas wisata rafting juga tersedia di Bali dengan sebutan Bali Rafting Adventure.

rafting di sungai ayung ubud

Mereka yang telah mencoba aktivitas rafting di pulau ini pasti bisa memberi penilaian tentang aktivitas ini. Meskipun sangat menarik dan menantang adrenalin, peminat rafting, sejauh ini, masih didominasi oleh wisatawan asing. Jika dilakukan perbandingan, wisatawan lokal yang memilih aktivitas ini tidak lebih dari 40 persen. Aktivitas Rafting didominasi oleh wisatawan mancanegara, khususnya dari Singapura, Australia, Tiongkok, dan India.

Beberapa sungai yang cocok dijadikan sebagai lokasi rafting atau arung jeram adalah sebagai berikut.

  • Sungai Ayung Ubud. Sungai ini sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba wisata arung jeram. Medannya tidak terlalu sulit. Anda bisa menyusuri sungai dengan santai dan tenang.
  • Sungai Klungkung. Sungai ini memiliki medan lintasan yang tidak terlalu panjang. Untuk menyusuri sungai ini, waktu yang dibutuhkan hanya 1.5 jam saja.
  • Sungai Telaga Waja Karangasem. Sungai yang terakhir ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi rafting yang luar biasa. Sepanjang lintasan sungai, banyak tantangan seru dan menegangkan. Trek rafting pun cukup panjang. Rata-rata pengunjung bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam untuk menyusuri Sungai Telaga Waja.

Baca Disini: “Rafting di Bali

4. Wisata Bahari

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati aktivitas wisata alam di Bali, khususnya di pantai, Anda bisa mengunjungi Watersport Tanjung Benoa. Di tempat ini, ada banyak aktivitas wisata bahari yang bisa Anda lakukan. Dijamin liburan Anda pasti akan seru dan tidak terlupakan.

banana boat tanjung benoa bali

Dari sekian banyak aktivitas wisata bahari, ada tiga jenis aktivitas yang paling disukai oleh wisatawan, yaitu Parasailing Adventure Bali, Marine Walk Tanjung Benoa, atau Jet Sky. Aktivitas mana yang menurut Anda paling menyenangkan?

Baca Disini: “Water Sport Bali

5. Wisata Budaya

Keindahan alam tidak lepas dari keindahan budayanya. Sembari menikmati keindahan alam, Anda bisa juga melakukan aktivitas wisata budaya. Ada beberapa pusat aktivitas wisata budaya di Bali. Pertama, Anda bisa mengunjungi Pura Luhur Uluwatu. Kedua, Anda juga bisa menonton Tari Kecak Uluwatu yang merupakan tari tradisional Bali. Lalu, Anda juga bisa mengunjungi tempat bersejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring.

Baca Disini: “Sewa Mobil di Bali

Berwisata alam dan budaya di Bali memang sangat menyenangkan. Pesona alam dan budaya yang sangat indah akan membuat pengunjung melupakan kepenatan hidup mereka. Demikian informasi aktivitas wisata alam di Bali. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat untuk Anda.