Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
wisata rumah asli bali
Wisata Rumah Asli Bali
Desember 25, 2017
wisata alam bali
Wisata Alam Bali
Desember 25, 2017

Mendaki Gunung Agung

mendaki gunung agung

Pulau Bali merupakan destinasi wisata populer karena hasil budaya dan seninya yang menawan. Tidak hanya itu, tempat wisata di Bali seperti Bali watersport juga menarik untuk dicoba. Namun, tahukah Anda bahwa wisata alam di gunung seperti Gunung Agung dan Gunung Batur juga tidak kalah bagusnya? Oleh karena itu, kali ini kami akan menyajikan info wisata mendaki Gunung Agung.

mendaki gunung agung

Gunung Agung sendiri sebenarnya merupakan gunung berapi dan gunung tertinggi yang ada di Bali dimana ketinggiannya sekitar 3.142 meter. Untuk menikmati pemandangan di gunung yang berlokasi di kecamatan Rendang kabupaten Karangasem provinsi Bali ini, Anda bisa menyimak ulasan yang kami sajikan di halaman ini terlebih dahulu.

Baca Disini: “Paket Tour Bali

Mendaki Gunung Agung Bali – Tips Yang Harus Dilakukan Saat Pendakian

Saat ingin mendaki gunung Agung Bali, ada beberapa tips yang penting untuk diikuti. Beberapa tips agar aman dan selamat mendaki tersebut meliputi:

1. Tidak membawa makanan dan minuman yang dibuat dari daging sapi

Selain karena sifatnya yang agak amis, daging sapi pantang untuk dikonsumsi oleh masyarakat Hindu. Berdasarkan kepercayaan Hindu Bali, sapi atau lembu merupakan binatang sakral dan pembawa kesejahteraan. Jadi, dengan tidak membawa produk olahan daging sapi, Anda tidak hanya meringankan beban barang bawaan namun juga memberikan penghormatan terhadap kepercayaan tersebut.

Baca Disini: “Paket Honeymoon Bali

2. Memperhatikan cuaca

Cuaca merupakan faktor penting yang sangat mempengaruhi aktivitas pendakian. Oleh karena itu, saat hendak mendaki gunung Agung, Anda harus memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu. Hujan yang sering menyebabkan jalanan menjadi licin serta penurunan suhu hingga 10 derajat celsius merupakan salah satu penanda bahwa cuaca sedang tidak menentu. Saat inilah pendakian harus dibatalkan.

Selain itu, apabila tetap melanjutkan saat cuaca masih memungkinkan pendakian, Anda sebagai pendaki harus melengkapi diri dengan jaket dan sarung tangan. Peralatan tersebut akan membuat terpaan suhu dingin lebih bisa dikurangi. Untuk berjaga-jaga agar tidak basah kuyup akibat hujan saat mendaki, silakan mempersiapkan jas hujan dalam barang bawaan.

Baca Disini: “Sewa Bus di Bali

3. Mempersiapkan perbekalan secukupnya

Perbekalan yang wajib dibawa adalah makanan dan air minum. Karena aktivitas mendaki dan menuruni Gunung Agung memakan waktu sekitar 15-20 jam, makanan dan air minum yang cukup selama waktu tersebut harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Perlu Anda ketahui pula bahwa beberapa sumber mata air yang ada di Gunung Agung disakralkan oleh masyarakat sehingga tidak boleh diambil airnya. Jadi, Anda hanya bisa mengandalkan makanan dan minuman yang dibawa sendiri.

Baca Disini: “Sewa Mobil di Bali

4. Tidak melakukan pendakian saat ada upacara keagamaan

Di sekitar Gunung Agung terdapat dua pura besar bernama pura Pasar Agung dan Pura Besakih. Saat satu atau dua pura tersebut mengadakan upacara keagamaan, Anda harus membatalkan atau menunda niat untuk mendaki. Mengapa? Selain agar tidak mengganggu, keputusan tersebut adalah wujud toleransi dan penghormatan Anda pada masyarakat lokal Bali.

Agar lebih baik ke depannya, sebelum merencanakan pendakian Anda harus mencari informasi sedetail-detailnya terlebih dahulu pada orang dari kedua pura di Gunung Agung tersebut. Dengan mengetahui jadwal penyelenggaraan upacara keagamaan mereka, proses pendakian mungkin tidak perlu tertunda dari rencana awal.

tips-mendaki gunung agung bali

Apabila ingin lebih aman melakukan aktivitas pendakian di Gunung Agung, Anda bisa menggunakan jasa trekking and tour. Di kawasan Bali ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pemandu untuk aktivitas seperti pendakian gunung dan sunrise tracking. Namun, jika bingung memilih Anda bisa menggunakan jasa dari perusahaan Alam Adventure Adventures.

Baca Disini: “Sewa Mobil Mtaic di Bali

Pemandu berpengalaman dari perusahaan jasa trekking tour seperti Alam Amazing Adventures akan memandu Anda yang belum cukup berpengalaman dalam aktivitas pendakian. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jasa Alam Amazing Adventures antara lain:

  1. Asuransi US $ 50.000
  2. Kaos Alam Amazing Adventures secara gratis
  3. Face towel
  4. Pemandian air panas

Selain jasa pemandu di pendakian Gunung Agung, Alam Amazing Adventures juga menyediakan layanan trekking Gunung Batur serta rekreasi Bali rafting di dua lokasi yaitu aktivitas rafting di Sungai Ayung Ubud atau rafting di sungai Telaga Waja.