Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
objek wisata yang ada di bali
Objek Wisata yang Ada di Bali
Agustus 22, 2017
tempat piknik di bali
Tempat Piknik di Bali
Agustus 22, 2017

Pura yang Ada di Bali

pura yang ada di bali

Bali bukan hanya terkenal akan potensi wisatanya saja tetapi kearifan lokalnya juga tak kalah hebatnya. Sebagian besar masyarakat Pulau Dewata menganut agama Hindu, tak heran jika banyak terdapat pura di sana. Pura yang ada di Bali juga banyak yang indah dan didukung dengan pemandangan alam sekitar membuat pura tak hanya untuk beribadah saja tetapi juga untuk berwisata.

pura yang ada di bali

Deretan Pura yang Ada di Bali Paling Indah

Alam Pulau Bali memang sangat luar biasa indah. Mulai dari pantai, gunung, danau, sungai hingga hutan mempunyai daya tarik tersendiri. Kemudian adat istiadat Hindu yang kental menambah keunikan serta keindahan dari pulau tersebut. Di bawah ini ada deretan pura yang ada di Bali paling indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

1. Pura Uluwatu

pura uluwatu bali

Pura yang ada di Bali satu ini memang namanya sudah dikenal di mana-mana. Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pura tersebut dibangun pada abad ke 11 dan tempat beribadah bagi umat Hindu tersebut merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan.

Pura Sad Kahyangan adalah sebagai penyangga dari 9 mata angin yang diyakini oleh masyarakat Hindu Bali. Pura di Bali yang indah tersebut digunakan untuk memuja Dhang Hyang Nirata. Letak Pura Uluwatu berada di tebing karang dengan ketinggian 97mdpl. Oleh karenanya pura tersebut memiliki pemandangan laut yang indah utamanya sore hari.

Selain digunakan untuk bersembahyang, Pura Uluwatu juga sebagai salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bali. Pasalnya di area pura sering diadakan pertunjukan tari Kecak yang sangat terkenal itu.

Baca Disini: “Objek Wisata Yang Ada di Bali

2. Pura Ulun Danu

pura ulun danu beratan

Salah satu pura yang ada di Bali paling indah adalah Pura Ulun Danu yang berada di pinggir Danau Beratan. Pura tersebut termasuk terbesar kedua yang ada di Bali setelah Pura Besakih. Letaknya yang berada di pinggir danau menjadikan pura tersebut mempunyai pemandangan sangat indah.

Danau Beratan sendiri merupakan salah satu objek wisata terkenal di Bali dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Udara di sana juga sangat sejuk karena berada di dataran tinggi. Pura yang dibangun pada tahun 1634 M tersebut diperuntukan untuk memuja Dewa Trimurti. Keindahan Pura Ulun Danu pun diabadikan di pecahan uang 50 ribu rupiah.

Baca Disini: “Tempat Wisata di Denpasar

3. Pura Tanah Lot

pura tanah lot bali

Siapa yang tak kenal dengan Pura Tanah Lot? Pura yang ada di Bali tersebut termasuk paling populer di antara banyak pura di Pulau Dewata. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti tidak ketinggalan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Pura yang dibangun pada abad ke 15 M tersebut memiliki banyak cerita sejarah seperti ular penunggu pura itu yang sampai sekarang bisa dilihat di sana.

Pura yang berdiri di atas bukit karang tersebut letaknya memang terpisah dari daratan pantai. Pada waktu air laut surut, para wisatawan bisa berkunjung langsung ke sana. Pura yang ada di Bali paling populer tersebut juga mempunyai spot sunset yang sangat indah. Bila berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Pura Tanah Lot.

Baca Disini: “Tempat Wisata Hits di Bali

4. Pura Menjangan

pura menjangan bali

Pura Menjangan adalah salah satu pura yang sangat indah di Pulau Dewata. Pulau yang berada di pinggir laut tersebut letaknya di sebuah pulau yang berada di Taman Nasional Bali Barat. Pura yang ada di Bali itu mempunyai patung Ganesha putih nan megah.

Pura tersebut masih berkaitan dengan cerita terpisahnya Pulau Bali dan Pulau Jawa. Tempat beribadah ini sebenarnya memiliki nama lain yaitu Pura Segara Giri Dharma Kencana dan masih mempunyai keterkaitan dengan Dhang Hyang Siddimantra.

Baca Disini: “Sewa Mobil Murah di Bali

5. Pura Taman Sari

pura taman sari klungkung

Salah satu pura yang ada di Bali selanjutnya adalah Pura Taman Sari yang berada di Banjar Sengguhan, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Bangunan pura tersebut begitu unik dan sangat khas akan tradisional Balinya.

Pura Taman Sari juga dijadikan sebagai tempat penelitian karena dipercaya sebagai tempat penyimpanan senjata pusaka kerajaan Majapahit. Mitos dari pura tersebut adalah para dewa memutar air kehidupan atau amerta yang mempunyai tujuan untuk kebahagiaan serta kesejahteraan umat manusia.

Baca Disini: “Tempat Wisata di Sanur

6. Pura Besakih

pura besakih bali

Pura yang ada di Bali paling terkenal salah satunya adalah Pura Besakih yang berada di kaki Gunung Agung. Pura tersebut merupakan pura yang ada di Bali terbesar dan mendapat julukan sebagai The Mother of Temple.

Di pura ini sering diadakan upacara Bhatara Turun Kabeh atau Ngusaka Kadasa. Karena berada di kaki gunung, Pura Besakih mempunyai hawa dingin yang sejuk. Keindahan pura tersebut semakin menarik ketika terdapat kabut-kabut tipis dengan latar belakang Gunung Agung.

Baca Disini: “Tempat Menarik di Bali

7. Pura Tirta Empul Tampaksiring

pura tirta empul tampaksiring bali

Pura Tirta Empul Tampaksiring berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Bali. Pura tersebut merupakan salah satu yang paling terkenal di Pulau Dewata. Pura yang ada di Bali ini mempunyai cerita sejarah yang kental. Di lingkungan pura itu pasalnya terdapat istana kepresidenan pada masa Presiden Soekarno.

Selain sarat akan nilai sejarahnya, Pura Tirta Empul juga memiliki mata air yang sering digunakan untuk mensucikan diri bagi umat Hindu. Para wisatawan pun juga tak melewatkan momen untuk mandi di mata air di sana guna untuk mensucikan diri.

Baca Disini: “Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

Pura yang Ada di Bali dan Jenisnya

Tidak semua pura di Bali itu bisa dipakai untuk bersembahyang bagi umat Hindu. Ternyata pura-pura tersebut ada jenis serta karakteristiknya yang berbeda-beda. Jenis pertama adalah Pura Kahyangan Jagat dan Pura Dang Kahyangan yang berfungsi untuk pemujaan Ida Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan YME).

Kemudian untuk Pura Dang Kahyangan ditujukan untuk menghormati jasa-jasa para guru suci. Jenis yang kedua adalah Pura Kahyangan Desa. Pura jenis tersebut merupakan tempat ibadah yang disungsung oleh desa adat.

Pura jenis ketiga adalah Pura Swagina yang merupakan pengelompokan pura berdasarkan fungsinya. Pengelompokan tersebut berdasarkan kesamaan pekerjaan. Sebagai contoh ada Pura Melanting untuk pedagang, Uluncarik, Subak, Bedugul dan Ulunsuwi untuk para petani.

Jenis pura yang terakhir adalah Pura Kawitan. Pura tersebut dibangun berdasarkan garis keturunan atau disebut dengan wit.

Terlepas dari jenis dan fungsinya, pura-pura yang ada di Pulau Bali memiliki desain bangunan unik dan indah. Kemudian pura tersebut banyak dibangun di tempat-tempat dengan pemandangan indah seperti di pinggir pantai, pinggir danau atau kaki gunung. Tak heran jika tempat ibadah bagi umat Hindu Bali itu menjadi begitu indah.

Bagi Anda yang ingin berwisata di Pulau Dewata, jangan lupa untuk mengunjungi deretan pura-pura yang sudah disebutkan di atas. Selain bangunannya indah, pemandangan sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri. Ada banyak pura yang ada di Bali namun yang paling terkenal seperti di atas.