Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
7 sungai terbaik untuk arung jeram di indonesia
7 Sungai Terbaik untuk Arung Jeram
Januari 8, 2018
pariwisata bali
Pariwisata Bali
Januari 8, 2018

Tips Menyelam di Bali

tips menyelam di bali untuk pemula

Anda yang masih pemula bahkan tidak pernah melakukan aktivitas menyelam apapun tapi sangat ingin mencicipi rasanya melakukan kegiatan Bali scuba diving, tentunya memiliki banyak sekali pertanyaan di dalam benak. Mulai dari hal apa yang harus dilakukan, keamanan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kali ini akan kami ulas terkait dengan tips menyelam di Bali.

tips menyelam di bali untuk pemula

Kegiatan scuba dive untuk para pemula memang dibayangkan sangat menyeramkan. Hal tersebut wajar karena saat manusia ada di dalam air, mereka akan berusaha untuk mengambang agar tidak tenggelam. Lantas, bagaimana dengan kegiatan scuba dive ini? Yang mengharuskan Anda untuk bisa menyelam sekaligus bernapas dalam air?

Baca Disini: “Water Sport Bali

Jenis Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Penyelam Pemula

Bagi penyelam pemula, ada banyak pertanyaan yang ada didalam benaknya. Untuk mengatasi rasa keingintahuan Anda, dalam mengikuti kegiatan scuba dive di Bali, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang akan kami jawab dengan jelas dan tepat.

1. Dimana Lokasi Diving Terbaik untuk Pemula Di Bali?

Di Bali, Anda bisa melihat ada banyak sekali lokasi menyelam untuk para pemula. Tapi khusus untuk Anda yang baru pertama kali melakukan kegiatan olahraga air ini, sangat dianjurka untuk melakukan kegiatan scuba dive di Tanjung Benoa Nusa Dua.

Lantas, kenapa harus di Tanjung Benoa Nusa Dua? Hal ini dikarenakan lokasi menyelam di Tanjung Benoa Nusa Dua Bali sudah sesuai dengan syarat dan kriteria lokasi menyelam baik untuk para pemula maupun profesional.

Baca Disini: “Rafting di Bali

2. Apakah Aktivitas Scuba Dive yang ada di Tanjung Benoa Memerlukan Sertifikasi?

Apabila Anda berniat untuk melakukan kegiatan intro scuba dive di objek wisata Tanjung Benoa, surat sertifikai diving tidaklah diperlukan. Pasalnya operator atau penyedia intro scuba dive yang ada di Tanjung Benoa, hanya mengizinkan peserta, untuk menyelam di lokasi khusus yang sudah ditentukan oleh penyedia atau operator penyelaman.

Sekedar informasi, di Tanjung benoa, kedalaman penyelaman untuk kegiatan intro scuba dive adalah sekitar enam meter sehingga sangat aman untuk para pemula yang belum pernah melakukan aktivitas ini.

Baca Disini: “Paket Tour Bali

3. Apa Pengertian dari Intro Scuba Dive?

Untuk Anda yang belum pernah menyelam tentunya belum mengenal istilah Intro scuba dive. Istilah ini diperuntukan untuk para peserta penyelam yang belum pernah mengikuti kegiatan scuba dive. Dalam hal ini, kedalaman penyelaman peserta dibatasi, dengan ketinggian maksimum enam meter. Sementara Suba adalah nama dari peralatan menyelam yang dipakai.

Scuba merupakan alat bantu pernapasan yang digunakan penyelam didalam air. Alat ini terdiri dari sebuah tangki oksigen yang terkompresi dengan sebuah selang. Ada dua regulator yang terikat kencang pada bagian punggung penyelam.

Baca Disini: “Paket Honeymoon Bali

5 Tips Menyelam di Bali dengan Lokasi Tanjung Benoa

tips menyelam di bali lokasi tanjung benoa

Tanjung Benoa Nusa Dua adalah salah satu tempat terbaik untuk para pemula belajar menyelam. Laut di Tanjung Benoa banyak dipilih karena arus permukaan air bawahnya sangat tenang dan tidak berbahaya. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda melakukan penyelaman di laut Tanjung Benoa.

1.     Mengetahui hal-hal dasar yang akan dihadapi selama menyelam

Tips pertama adalah Anda harus mengetahui hal-hal dasar apa yang akan dihadapi selama proses menyelam. Masalah yang sering muncul adalah belum terbiasanya peserta bermanfaat memakai mulut. Oleh karena itu, latihlah pernafasan Anda melalui mulut agar nantinya terbiasa saat menyelam.

Apabila Anda memang belum pernah mengikuti kegiatan intro dive Tanjung Benoa maka ada baiknya jika Anda mencoba kegiatan snorkeling terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa mampu dan tahan Anda bernafas menggunakan snorkel ketika ada di dalam permukaan air.

Baca Disini: “Sewa Bus di Bali

2.     Perhatikan dan Pahami setiap Instruksi yang diberikan Instruktur Menyelam

Tips selanjutnya adalah perhatikan dan pahami setiap instruksi yang diberikan oleh instruktur menyelam Anda. Jika terasa kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya. Selain itu, pastikan kepada instruktur menyelam bahwa semua alat-alat menyelam yang Anda gunakan sudah aman.

Peralatan tersebut diantaranya adalah regulator tangki, baju selam, rompi pelampung, pemberat, masker, kaki katak, sepatu pelindung dan tabung oksigen. Pastikan pula bahwa semua peralatan bisa berfungsi dengan baik.

Baca Disini: “Sewa Mobil Murah di Bali

3.     Jangan Mencoba untuk Menahan Napas Saat Menyelam

Menahan napas saat menyelam adalah suatu hal yang salah karena bisa menyebabkan rasa panik dan cedera paru-paru. Ketika seseorang merasa panik maka peserta dengan reflek akan langsung berenang ke permukaan air laut.

Padahal naik ke permukaan air laut dengan cepat ketika menyelam, sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan banyak gelembung gas mengandung nitrogen yang masuk ke dalam darah penyelam. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba untuk menahan napas di dalam air laut saat menyelam.

Baca Disini: “Sewa Mobil Matic di Bali

4.     Usahakan untuk Meminum Air Putih Terlebih Dahulu Sebelum Menyelam

Meminum air putih terlebih dahulu sebelum melakukan penyelaman sangatlah penting. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar penyelam terhindar dari rasa haus atau dehidrasi ketika menyelam. Saat Anda merasa dehidrasi, maka stamina akan semakin terkuras habis sehingga mengganggu aktivitas Anda selama menyelam.

Baca Disini: “Sewa Motor di Bali

5.     Kenali Sejak Dini Gejala Disfungsi Tubuh

Baik pemula maupun profesional harus mengenal apa saja gejala dari disfungsi tubuh ketika menyelam. Hal ini tentu saja karena adanya perbedaan antara suhu air di dalam laut dengan tubuh manusia. Salah satu gejala dari disfungsi tubuh adalah gejala HIPOTERMIA. Gejala ini terjadi saat penyelam merasa sangat dingin hingga tubuhnya terasa kaku.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk Anda menanyakan langsung kepada instruktur menyelam terkait dengan gejala lengkap dan penanggulangannya.

Dengan adanya ulasan mengenai tips menyelam untuk para pemula ini, kami sangat berharap agar Anda tidak merasa takut lagi untuk menyelam. Apabila Anda berkeinginan untuk memberikan komentar dan juga saran, terkait dengan tips menyelam di Bali, bisa memanfaatkan kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Komentar dan juga saran yang Anda tinggalkan kami harapkan bisa membantu dan menjadi referensi untuk pembaca lainnya.

Baca Disini: “Sewa Minibus di Bali

Masih Takut Menyelam, Tapi Tetap Ingin Menikmati Pemandangan Bawah Laut

pemandangan bawah laut tanjung benoa

Anda masih takut meskipun sudah mengetahui beberapa tips menyelam di atas? Jika ya, tidak perlu khawatir karena masih ada kegiatan menyelam lainnya yang bisa Anda coba. Kegiatan tersebut adalah  wisata kapal selam di Odyssey Submarine Amuk Bay Bali dan  Tanjung Benoa Seawalker.