Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
tips rafting untuk pemula yang wajib diketahui
Tips Rafting Untuk Pemula
Januari 8, 2018
pelabuhan padang bai karangasem
Pelabuhan Padang Bai
Januari 12, 2018

Tips Wisata Bali

tips wisata bali

Anda sedang berencana untuk berlibur ke Bali? Pasti jawabannya adalah iya karena sebagian wisatawan yang sedang merencanakan liburan akan memilih Pulau Dewata tersebut. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang tips wisata Bali dan tentunya akan bermanfaat bagi Anda yang ingin berlibur ke sana, baik itu yang baru pertama kali atau yang sudah kerap berlibur di Bali.

tips wisata bali

Sebagai tambahan informasi, pada ulasan tips wisata Bali di bawah ini ditulis berdasarkan pengalaman dari kami sebagai penyedia jasa paket wisata Bali yang dilengkapi dengan jasa sewa mobil sekaligus drivernya untuk para wisatawan lokal.

Dari pengalaman itulah kami bisa mengetahui berbagai macam kendala yang dihadapi oleh wisatawan lokal yang sedang berlibur di Bali. Setelah mengetahui beragam masalah atau kendala yang dialami oleh sebagian besar wisatawan Indonesia, tips wisata Bali di sini mungkin bisa membantu para turis lokal yang sedang berlibur di sana.

Baca Disini: “Paket Tour Bali

Tips Wisata Bali yang Harus Dilakukan oleh Turis Lokal

Bagi wisatawan Indonesia yang akan berlibur ke Pulau Dewata, alangkah baiknya jika melihat tips wisata Bali di bawah ini.

1. Menentukan Waktu Liburan ke Bali yang Tepat

waktu terbaik liburan ke bali

Waktu liburan ke Bali yang tepat itu ada kriteria tertentu. Ada dua macam kriteria waktu yang bisa Anda ketahui di sini, yang pertama adalah menghindari musim hujan dan yang kedua adalah menghindari waktu musim liburan karena pasti akan ramai.

Baca Disini: “Paket Honeymoon Bali

Menghindari Musim Penghujan

Berlibur ke Bali memang bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Namun ada saat tertentu yang tidak bisa Anda lakukan yaitu waktu musim penghujan. Jika Anda sedang merencanakan berlibur ke pulau eksotis tersebut, kami merekomendasikan untuk berkunjung pada musim kemarau. Musim kemarau di Bali itu jatuh pada bulan April sampai September.

Pada bulan tersebut jarang terjadi hujan di Bali, waktu itulah merupakan saat terbaik untuk berlibur ke sana. Namun harap menjadi perhatian, berlibur ke Bali pada saat musim kemarau maka akan ada resiko yang harus dihadapi oleh para wisatawan yaitu cuaca panas terik. Cuaca seperti itu tentunya akan membuat kulit menjadi gosong. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu membawa sun block.

Baca Disini: “Sewa Bus di Bali

Menghindari Waktu Musim Liburan

Bagi wisatawan yang akan berlibur ke Bali, selain memperhatikan faktor cuaca Anda juga harus mengetahui kapan waktu musim liburan itu. Waktu musim liburan atau high season umumnya akan padat dan ramai sehingga akan mempengaruhi liburan Anda nantinya. Sebagai contoh, harga tiket pesawat, harga sewa kamar hotel maupun rental mobil akan mengalami kenaikan sebesar 25% hingga 40%.

Musim liburan yang ramai dan padat di Bali biasanya terjadi pada bulan Juni-Juli. High season pada bulan tersebut pada umumnya merupakan liburan sekolah kemudian high season kembali akan terjadi pada bulan Agustus yang biasanya menjadi musim liburan bagi turis asing. Selain bulan-bulan tersebut, high season akan kembali pada akhir tahun dan tahun baru.

Bila ingin berlibur di Bali dengan harga yang murah, lebih baik Anda menghindari bulan-bulan tersebut supaya bisa lebih hemat. Pada saat high season, selain semua mengalami kenaikan harga, jalanan sudah pasti menjadi padat dan macet, khususnya kawasan wisata Bali Selatan.

Namun bila Anda terpaksa harus berlibur di bulan-bulan ramai tersebut, lebih baik Anda menyewa mobil plus drivernya supaya Anda bisa beristirahat apabila terjadi kemacetan di jalan. Sarana transportasi tersebut tentunya lebih bisa membantu.

Baca Disini: “Sewa Mobil di Bali

2. Memilih Penginapan

memilih kawasan penginapan di bali

Sebelum Anda menentukan untuk bermalam di mana saat berlibur di Bali, Anda harus lebih dulu menentukan ingin berkunjung ke tempat wisata mana saja. Kami merekomendasikan kepada para wisatawan untuk mencari hotel maupun tempat penginapan lainnya yang lokasinya dekat dengan tempat wisata.

Kawasan Bali Selatan umumnya menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Dewata. Tempat wisata yang sangat populer adalah Kuta, karena budget dari setiap wisatawan itu berbeda maka pilihlah yang sesuai dengan kriteria masing-masing. Di kawasan objek wisata Kuta banyak terdapat hotel bertarif murah sampai mewah yang bisa disesuaikan dengan anggaran.

Baca Disini: “Sewa Mobil Matic di Bali

Hotel Murah di Kuta

Apabila Anda sedang mencari tempat penginapan yang murah di kawasan Kuta, datang saja ke Jalan Three Brothers kemudian ada juga di sekitar Gang Popies 1 dan 2 ada juga hotel murah di Gang Puspa Ayu lalu di Jalan Raya Tuban atau di Jalan Bakung Sari. Tarif hotel per malamnya hanya di bawah Rp 300.000.

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah lagi, Anda bisa mencari penginapan di kawasan Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Kuta, masuk saja ke gang-gang kecil di sana. Di kawasan tersebut banyak ditemukan hotel-hotel kecil yang memiliki harga sewa murah dan bahkan di sana Anda juga bisa menemukan penginapan seperti kos-kosan yang harganya di bawah Rp 100.000 per malamnya.

Baca Disini: “Sewa Motor di Bali

Hotel Mewah di Kuta

Bagi para wisatawan yang ingin menginap di hotel mewah di kawasan Kuta, Anda bisa mencari hotel berbintang yang ada di pinggir Pantai Kuta maupun pinggir Pantai Legian, ada banyak hotel mewah di situ.

Untuk mencari tahu hotel mewah yang ada di sana, Anda bisa meminta rekomendasi teman yang sudah pernah berlibur ke Bali. Kemudian cara yang lainnya untuk mengetahui tempat penginapan mewah di kawasan Kuta, Anda bisa googling saja.

Baca Disini: “Sewa Minibus di Bali

Hotel yang Jauh dari Keramaian

Khusus para wisatawan yang tidak suka dengan keramaian dan lebih menyukai tempat penginapan di Bali yang sepi, mungkin Anda bisa mencari hotel di tempat wisata lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa cari hotel di dekat Sanur maupun objek wisata Nusa Dua yang jauh lebih tenang dan tidak seramai kawasan Kuta.

Di daerah Sanur dan Nusa Dua banyak hotel yang menawarkan tempat menginap di kawasan pinggir pantai dengan pasir putih. Namun, harap diketahui jika harga hotel tersebut umumnya memiliki tarif sewa yang mahal per malamnya daripada hotel yang tidak berada di tepi pantai.

Tempat wisata Ubud yang berada di Kabupaten Gianyar pun juga bisa dijadikan pilihan untuk menginap. Di daerah Ubud banyak menawarkan tempat wisata dengan suasana yang masih sangat alami. Contohnya adalah pemandangan sawah atau pun sungai. Namun, pada kawasan tersebut tidak terdapat pantai seperti yang ada di kawasan Kuta atau pun Sanur dan Nusa Dua.

Di Kabupaten Gianyar juga menawarkan tempat wisata yang menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bila sedang berlibur ke Bali. Pada kawasan Gianyar juga menyediakan tempat wisata seperti taman safari, wisata budaya, kebun binatang, olahraga air seperti Ayung rafting dan juga sawah.

Baca Disini: “Telaga Waja Rafting

Penginapan Bali Utara

Alternatif lainnya selain di Ubud para wisatawan pun juga bisa menginap di daerah Bali Utara. Kabupaten Buleleng sebagian besar tempat wisata ada di daerah tersebut. Salah satu objek wisata pantai yang ada di sana adalah Pantai Lovina.

Perlu Anda ketahui, penginapan di daerah Pantai Lovina jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kawasan Bali Selatan. Namun yang disayangkan, letak Pantai Lovina dengan bandara jaraknya sangat jauh yaitu sekitar 3 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Baca Disini: “Ayung Rafting Ubud

Penginapan di Bali Timur

Di kawasan wisata Bali Timur juga banyak menyediakan tempat penginapan yang murah maupun hotel mewah. Lokasi hotel di Bali Timur sebagian besar terdapat di kawasan Candidasa. Kawasan Candidasa juga memiliki tempat wisata pantai dan di sana tidak banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagian besar wisatawan pasti tidak tahu bukan tempat wisata menarik yang ada di Bali Timur?

Baca Disini: “Water Sport Bali

3. Sarana Transportasi untuk Liburan

Apabila sudah sampai di Bali tentunya para wisatawan pasti membutuhkan sarana transportasi untuk menuju ke tempat wisata. Di Pulau Dewata tidak banyak transportasi umum yang bisa ditemukan, di sana hanya ada taxi dan juga bus Trans Sarba Gita. Namun khusus bus Trans Sarba Gita rutenya pun masih sangat terbatas.

Kami menyarankan kepada para wisatawan untuk mencari transportasi yang nyaman dan murah yaitu dengan menggunakan jasa rental mobil. Untuk rental mobil di Bali tersedia dua pilihan yaitu rental mobil murah dan rental mobil mewah. Khusus sarana transportasi tersebut tergantung pada pilihan Anda, sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

Harga rental mobil di Bali mulai dari Rp 190.000/24 jam biasanya hanya sewa mobil saja. Kami merekomendasikan para wisatawan untuk mencari jasa sewa mobil di Bali melalui Google. Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan, antara lain adalah:

  • Para wisatawan akan mendapatkan perusahaan rental mobil yang terpercaya karena Google hanya akan mencarikan list penyedia jasa sewa mobil di Bali yang memiliki reputasi baik.
  • Wisatawan bisa meminta penyedia jasa rental untuk mengirimkan mobilnya sesuai dengan permintaan, contohnya di bandara atau hotel. Sangat praktis karena Anda tidak perlu mendatangi tempat rental.
  • Mobil memiliki asuransi.
  • Booking bisa lewat telepon maupun online.

Sebaiknya wisatawan memesan mobil sebulan sebelumnya supaya nantinya tidak kehabisan pada saat musim-musim liburan. Jika pun ada nantinya para penyedia mobil rental akan menaikkan harga sewa dan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan hari biasa.

Disarankan untuk menyewa mobil sekaligus driver nya supaya bisa memudahkan para wisatawan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari tersesat, selain itu juga hemat waktu. Anda pun bisa minta rekomendasi tempat wisata maupun tempat makan yang ada di Bali.

Baca Disini: “Rafting di Bali

4. Mengetahui Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bali

ketahui harga tiket masuk tempat wisata di bali

Saat berada di Bali tentunya pasti akan mengunjungi tempat wisata yang ada di sana. Untuk membantu Anda dalam mengatur budget, alangkah baiknya jika Anda mengetahui berapa harga tiket masuk ke tempat wisata yang ada di Pulau Dewata.

5. Mengetahui Tempat Wisata Gratis Bila Ingin Hemat

aktivitas wisata gratis di bali

Tempat wisata gratis di Bali untuk saat ini memang sudah tidak banyak tetapi masih ada juga yang menyediakannya. Untuk mengetahui rekomendasi tempat wisata gratis bisa klik link di bawah ini.

6. Kegiatan Seru di Bali

banana boat tanjung benoa bali

Selain berkunjung ke tempat wisata, saat berlibur di Bali para wisatawan bisa juga melakukan kegiatan seru. Para wisatawan yang ingin mencari kegiatan seru saat berlibur di Pulau Dewata bisa menikmati water sports Tanjung Benoa.

Tak hanya kegiatan water sport saja yang ada di Tanjung Benoa, para turis lokal pun bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti rafting. Untuk rafting, pasti di Ayung Ubud atau pun Sungai Telaga Waja. Untuk daftar harga kegiatan water sports di Tanjung Benoa tergantung dari tempat wisatawan membeli. Di sini kami akan memberikan tips wisata Bali yang bisa dicoba.

Jika Anda ingin mendapatkan harga murah lebih baik membeli saja secara online daripada harus membeli tiket di tempat. Kami menyarankan Anda mencari harga tiket yang sudah sepaket dengan daftar kegiatan water sports di Tanjung Benoa. Contohnya paket hotel, tempat wisata dan kegiatan di dalamnya karena ini akan lebih murah.

7. Tempat Makan di Bali

tempat makan di bali

Pada tips wisata Bali kami juga memasukkan tempat makan di Bali karena hal ini juga ikut andil untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Anda bisa mencari makanan khas Indonesia, masakan khas Bali, makanan mewah/murah maupun makanan ala western dengan mudah di sana.

Khusus para pelancong muslim harap berhati-hati karena tidak semua tempat makan menyediakan makanan halal. Supaya lebih aman lebih baik berkunjung saja ke restoran Padang, warung Jawa/bakso, café ikan yang ada di Jimbaran dan lain-lain. Anda pun bisa bertanya tentang makanan halal di sana dan jangan khawatir karena masih banyak makanan halal yang ada di Bali.

Artikel tentang tips wisata Bali ini semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada komentar atau saran, mohon isi kan pada form yang ada di bawah. Kami sangat berharap komentar dan saran pembaca supaya tips wisata Bali ini juga bisa bermanfaat kepada pembaca lainnya.