Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Alas Kedaton – Daya Tarik Alami dan Keramahan Penghuninya

Jatiluwih Bali
Jatiluwih Bali – Pesona Alam Pedesaan Nan Asri
Oktober 19, 2015
Pura Besakih Bali
Pura Besakih Bali – Wisata Religi Bersejarah yang Unik
Oktober 19, 2015

Alas Kedaton – Daya Tarik Alami dan Keramahan Penghuninya

Alas Kedaton

Mungkin Anda pernah mendengar sebutan tempat tempat wisata di Bali yang satu ini. Ya, Alas Kedaton. Siapa yang tak kenal dengan salah satu obyek wisata di Bali ini. Obyek wisata yang terkenal dan pasti menjadi salah satu tujuan wisata kita di Bali. Obyek wisata ini banyak dikenal wisatawan asing maupun domestik.

Alas Kedaton termasuk obyek wisata menarik yang ada di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Kawasan hutan yang begitu luas dengan berbagai keelokan dan keasrian alam. Jika Anda menghendaki perjalanan wisata Anda mudah, bisa Anda pilih beberapa penyedia sewa mobil di Bali atau jika Anda datang bersama rombongan bisa memilih sewa bus di Bali yang kapasitasnya lebih banyak.

Pura di Tengah Hijaunya Alas Kedaton

Alas Kedaton merupakan hutan lindung yang begitu hijau dan asri yang ada di Pulau Bali. Keindahannya tak diragukan lagi, terbukti dengan banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. Tak hanya karena hijaunya hutan yang disuguhkan, namun keunikan yang dimiliki hutan ini sangatlah menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Keunikan Alas Kedaton terletak pada keberadaan Pura di tengah hutan yang begitu luas. Sesuai dengan nama tempatnya, pura ini dikenal dengan nama Pura Alas Kedaton.

Pura Alas Kedaton juga kerap disebut Pura Dalem Kahyangan. Di pura ini juga diadakan upacara khusus tiap hari Anggara kasih (Selasa) tepatnya 20 hari setelah Hari Galungan. Upacara di Pura Alas Kedaton ini disebut upacara Piodalan yang dilaksanakan pada pagi hari dan harus berakhir sebelum matahari tenggelam. Mengapa demikian? Ya, karena masyarakat Bali meyakini jika upacara sampai malam secara otomatis akan menggunakan lampu sebagai penerangan. Nah lampu inilah yang dilarang, masyarakat di Bali menganggap menyalakan lampu sama dengan menyalakan api.

Alas Kedaton

Itulah nilai-nilai kepercayaan dan kebudayaan yang masih kental di Bali. Jika kita berkunjung ke Alas Kedaton Bali, tak hanya kesejukan dan keasrian hutan lindung yang didapat, tetapi keramahan dan juga nilai-nilai budaya yang begitu kental bisa kita rasakan di sana.

Kera Alas Kedaton, Pemandu Wisata yang Ramah

Berkunjung ke Alas Kedaton bersiaplah dengan penyambutan yang begitu unik. Ketika memasuki gerbang masuk Alas Kedaton, akan banyak sambutan Anda terima di sana. Ratusan bahkan ribuan ekor kera ada di hutan tersebut. Kera-kera tersebut cukup ramah pada pengunjung sebab mereka sudah terbiasa bertemu dengan manusia. Kera-kera itu akan berkeliaran di sekitar hutan secara bebas bahkan mendekati manusia.

Namun biarpun keramahan dan kelucuan meraka membuat kita gemas, tetap Anda harus berhati-hati ya. Anda juga dapat berfoto dengan kera-kera tersebut. Tak hanya itu, di Alas Kedaton juga bisa ditemukan kalong atau kelelawar yang memang banyak dipelihara di tempat wisata tersebut.

Alas Kedaton bisa menjadi salah satu obyek pilihan untuk berpetualang di Bali. Namun tak hanya berpetualang, Anda bisa juga mengunjungi beberapa obyek wisata water sport Bali yang biasa ditawarkan oleh para penyedia paket tour Bali. Para penyedia paket tour tersebut biasanya menyediakan berbagai pilihan tempat wisata, dilengkapi dengan daftar harga tiket masuk objek wisata di Bali beserta biaya akomodasinya, yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Yang tidak kalah menariknya, tour ke Bali tak hanya untuk mereka yang berlibur bersama keluarga atau rombongan, tetapi disediakan juga paket bulan madu Bali. Pilihan mengasyikkan bukan bagi Anda yang baru saja menikah dan merencanakan bulan madu ke Bali.