Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pura Besakih Bali – Wisata Religi Bersejarah yang Unik

Alas Kedaton
Alas Kedaton – Daya Tarik Alami dan Keramahan Penghuninya
Oktober 19, 2015
Bali Safari and Marine Park
Bali Safari and Marine Park – Wisata Hewan di Bali
Oktober 20, 2015

Pura Besakih Bali – Wisata Religi Bersejarah yang Unik

Pura Besakih Bali

Pura Besakih merupakan pura terbesar umat Hindu di Bali yang keberadaannya sangat dikenal oleh para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan lokal. Pura Besakih Bali disebut sebagai Pura Utama di Bali. Pura ini menawarkan pesona religi bagi para wisatawan yang berkunjung. Namun tak hanya itu, nilai sejarah, adat istiadat, upacara, dan juga keunikan dari bangunan pura menjadi daya tarik wisata para wisatawan yang datang. Kekaguman akan terpancar pada setiap mata orang yang memandang Pura Besakih.

Sejarah Berdiri Pura Besakih Bali

Pura Besakih adalah salah satu tempat wisata di Bali yang unik. Keunikan pura ini terletak pada kompleks candi yang dibangun di sana, yang mana Pura Penataran Agung sebagai pusatnya. Pura Besakih penuh aroma religi, didirikan dengan memperhatikan empat arah mata angin. Letak pura ini ada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Bali.

Di balik kokohnya Pura Besakih, tersimpan berbagai rangkaian  sejarah yang mewarnainya. Pura yang mendapat julukan sebagai Pura Utama dari semua pura di Bali ini memiliki sejarah yang patut kita ketahui. Cerita itu sangatlah diyakini masyarakat Bali sebagai warisan nenek moyang mereka. Pura Besakih telah berdiri pada abad ke-11. Dibangun oleh seorang Resi Markandya. Resi Markandya adalah seorang resi asli India yang menetap di Gunung Rawung, Jawa Timur.

Resi Markandya adalah seorang pertapa yang berilmu tinggi. Beliau pernah bertapa di berbagai tempat, termasuk bertapa di Gunung Dieng, Jawa Tengah. Konon, menurut cerita yang diyakini masyarakat Bali, pertapa ini akhirnya memperoleh wahyu dari Tuhan untuk merambas hutan di Bali yang kemudian di tempat pertama kali  perambasan hutan tersebut ditanamlah sebuah kendi berisi logam yaitu emas, perak, tembaga, perunggu, dan besi yang biasa disebut dengan Panca Datu. Di tempat itulah Resi pertama kali pura sebagai titik awal dibuatnya pura-pura lain dalam kompleks Pura Besakih. Nama Besakih sendiri awalnya adalah nama yang diberikan Resi Markandya untuk tempat tersebut, yang diambil dari kata Basuki yang artinya selamat.

Pura Besakih Bali

Pariwisata Pura Besakih Bali      

Pura Besakih merupakan obyek wisata religi yang dapat menjadi tujuan wisatawan. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mempelajari sejarah berdirinya Pura Besakih tak salah lagi inilah tempatnya. Tak hanya itu, bangunan kompleks pura akan membuat kita berdecak kagum karena bangunannya begitu menakjubkan.

Sebagai tempat wisata yang menjadi destinasi para wisatawan dalam maupun luar negeri, tentu Pura Besakih Bali dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Terdapat beberapa fasilitas yang mendukung di Pura Besakih, antara lain warung makan minum, penjual buah, dan penjual cinderamata hasil kerajinan khas Bali. Keberadaan semua fasilitas tersebut  akan menjadi pelengkap yang meramaikan tempat wisata tersebut.

Berkunjung ke Pura Besakih kiranya bisa mejadi satu destinasi wisata paket tour Bali pilihan Anda. Untuk harga tiket masuk objek wisata di Bali pun sudah menjadi paket lengkap di dalamnya. Paket seperti ini biasanya juga ada dalam paket bulan madu Bali khusus bagi mereka pasangan suami istri.

Selain Pura Besakih Bali ada pilihan tempat wisata lain yang tak kalah menarik yang harus Anda kunjungi. Jika ingin menjajal water sport Bali, Anda bisa ke Tanjung Benoa Bali untuk snorkeling, parasiling, banana boat, dsb.  Berbagai pilihan tujuan wisata bisa Anda dapatkan melalui paket tour yang dilengkapi dengan fasilitas pendukungnya seperti hotel, transportasi (sewa mobil di Bali dan sewa bus di Bali), dan pemandu wisata yang sangat memudahkan perjalanan Anda.